INDONESIA SKILLS COMPETITION
(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)
Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.
To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.
II. Tujuan
1. Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Autobody Repair
2. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh
3. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian Autobody Repair kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.
4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.
III. Peserta
1. Warga Negara Kesatuan Republik
2. Tercatat Siswa tingkat II/III SMK negeri atau Swasta program keahlian Autobody Repair di Indonesia dalam tahun 2009.
3. Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi program keahlian Autobody Repair dalam tahun 2009 atau yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional di Propinsi sebagai peserta LKS tingkat Nasional ke-XVII Tahun 2009 mewakili propinsi yang bersangkutan.
4. Setiap propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.
IV. Materi Lomba
A. Lingkup Lomba
Jenis kegiatan yang dilombakan adalah meliputi :
1. Tes Teori ( 60 menit)
Meliputi tes pengetahuan secara terpadu dengan materi pengetahuan dasar perbaikan body repair.
2. Tes Praktik : A. Washer ( 60 menit)
B. Palu Dolly ( 35 menit)
C. Basic Welding ( 45 menit)
D. Pemotongan dan penyambungan ( 60 menit)
Meliputi tes keterampilan terpadu dengan materi :
A. Perbaikan panel pintu yang mengalami pesok dalam lebih dari 5 mm
B. Perbaikan pada fender yang mengalami pesok/penyok lebih dari 5 mm
C. Aplikasi pengelasan dengan teknik plug welding, but welding dan fillet welding.
D. Penggantian panel baru yang mengalami kerusakan, dengan cara memotong dan menyambung dengan CO2 welder.
B. Skor dan Bobot Penilaian
Skor maksimal dan bobot :
1. Tes Teori (skor maksimal 100, bobot 10%)……………........ N1
2. Tes Praktik A. (skor maksimal 200, bobot 20%)…............... N2
3. Test Praktik B. (skor maksimal 200, bobot 15%) ................. N3
4. Tes Praktik C. (skor maksimal 200, bobot 15%).. ................N4
5. Tes Praktik D. (skor maksimal 200, bobot 40%) ....…..........N5
Perhitungan Nilai Tes N1….N5 :
Skor Perolehan
Nilai Tes N1…N5 = ----------------------- X Bobot.
Skor maksimal
Nilai Akhir = ∑(Nilai Tes N1...N5)
B. Aspek-aspek Penilaian
Ad.1. Aspek yang dinilai untuk Tes Teori adalah :
Ø Penguasaan koqnitif terhadap teori-teori pengetahuan dasar body kendaraan.
Ø Soal diwujudkan dalam bentuk Pilihan Ganda sebanyak 50 soal dengan 4 item pilihan A, B, C, D,
Ø Setiap soal memiliki skor 2.
Ø Skor perolehan dihitung dengan mengalikan 2 seluruh jawaban benar, jawaban salah tidak mengurangi skore perolehan.
Ad.2. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik adalah:
NO. | ASPEK YANG DINILAI | SKOR PROSES | SKOR HASIL AKHIR | JUMLAH SKOR |
I | Aspek Keterampilan Washer Welder. | | | |
1 | Analisa kerusakan | 10 |
|
|
2 | Luas area kerusakan | 10 |
|
|
3 | Kedalaman area pesok | 10 |
|
|
4 | Kelemahan panel | 10 |
|
|
5 | Pengupasan lapisan cat | 15 |
|
|
6 | Pemasangan washer | 20 |
|
|
7 | Metode Penarikan | 20 |
|
|
8 | Metode Pengerutan | 15 |
|
|
9 | Hasil kerataan panel | 30 |
|
|
10 | Pelandaian tepi (Featheredging) | 30 |
|
|
II | Sikap Kerja | | | |
1 | Ketelitian dan Keselamatan | 10 | | |
2 | Keakuratan | 10 | | |
3 | Kerapihan | 10 | | |
4 | | | | |
| Jumlah | 200 | | |
Ad.3. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik adalah:
NO. | ASPEK YANG DINILAI | SKOR PROSES | SKOR HASIL | JUMLAH SKOR |
|
I | Keterampilan Palu Dolly | | | | |
1 | Analisa kerusakan | 10 | | | |
2 | Memilih palu | 15 | | | |
3 | Memilih dolly | 15 | | | |
4 | Teknik aplikasi penggunaan palu | 40 | | | |
5 | Teknik memegang dolly | 40 | | | |
6 | Hasil kerataan panel | 50 | | | |
II | Sikap Kerja | | | | |
1 | Ketelitian dan keselamatan | 10 | | | |
2 | Keakuratan | 10 | | | |
3 | Kerapihan | 10 | | | |
| Jumlah | 200 | | |
Ad.4. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik adalah:
NO. | ASPEK YANG DINILAI | SKOR PROSES | SKOR HASIL | JUMLAH SKOR |
|
I | Keterampilan Basic Welding | | | | |
1 | Persiapan | 30 |
|
| |
2 | Dapat melakukan Plug welding pada lubang diameter 0,5 cm | 40 |
|
| |
3 | Dapat melakukan But welding pada plat yang tersedia Dengan baik | 50 |
|
| |
4 | Dapat melakukan Fillet welding pada plat Dengan tebal 1,2 mm | 30 |
|
| |
5 | Safety item dipergunakan Dengan benar | 10 |
|
| |
6 | Mengembalikan peralatan dan menjaga kebersihan | 10 |
|
| |
II | Sikap Kerja |
|
|
| |
1 | Ketelitian dan keselamatan | 10 |
|
| |
2 | Keakuratan | 10 |
|
| |
3 | Kerapihan | 10 |
|
| |
| Jumlah | 200 |
|
|
Ad.5. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik adalah:
NO. | ASPEK YANG DINILAI | SKOR PROSES | SKOR HASIL | JUMLAH SKOR |
|
I | Keterampilan Welding | | | | |
1 | 10 | | | ||
2 | Penentuan area pemotongan | 10 | | | |
3 | Pemotongan panel | 20 | | | |
4 | 20 | | | ||
5 | Pembersihan panel area penyambungan | 10 | | | |
6 | Pemasangan panel | 20 | | | |
7 | Pengukuran dimensi panel | 20 | | | |
8 | Penyambungan panel | 20 | | | |
9 | Kualitas hasil welding | 20 | | | |
10 | Kerataan hasil penyambungan | 20 | | | |
II | Sikap Kerja | | | | |
1 | 10 | | | ||
2 | Keakuratan | 10 | | | |
3 | Kerapihan | 10 | | | |
| Jumlah | 200 | | |
IV. Tim Penguji
Jumlah Juri sebanyak 5 orang terdiri atas :
No | Unsur | Pusat | Wilayah |
A. | Profesional Autobody Repair dari Perusahaan Automotive | ... 5 orang | ... orang |
B | | ... orang | ... orang |
C | | ... orang | ... orang |
VI. Kriteria Pemenang Lomba
Juara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka pertama akan diperhitungkan kecepatan menyelesaikan tugas-tugas. Seandainya setelah diperhitungkan kecepatannya ternyata nilai masih sama maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap juri.
Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I, II dan III
Selain para juara maka seluruh peserta mendapat penghargaan dari panitia penyelenggara.
VII. Panitia Lomba
Panitia lomba adalah :
1. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Pusat) : . . . . . . . . . . . . . . . .
2. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Daerah) : . . . . . . . . . . . . . . . .
VIII. Tempat Lomba
Tempat lomba untuk : Aotobody Repair di Arena Pekan Raya (PRJ) Kemayoran, Jakarta
IX. Tata Tertib Lomba
1. Mendampingi peserta pada saat ‘technical meeting’.
2. Mengisi daftar hadir yang disediakan Panitia.
3. Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba.
4. Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan.
5. Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung.
Peserta diharapkan :
a. Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili propinsi dengan Surat Penunjukkan dari Dinas Pendidikan Propinsi. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat tengah lomba berlangsung.
b. Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’.
c. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum test dimulai.
d. Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan.
e. Berpakaian kerja yang rapi, diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitya.
f. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang ujian.
g. Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/ballpoint, tidak dibenarkan menulis dengan pensil.
h. Tidak diperbolehkan menggunakan tipp-ex untuk menghapus kesalahan. Kesalahan hendaknya dicoret pada kata/angka yang salah dan ditulis kata/angka yang benar.
i. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian.
j. Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta :
1. Pena/Ballpoint hitam, (disarankan lebih dari satu)
2. Seragam Pakaian kerja teknisi
3. Safety shoes
4. Topi
5. Kacamata pengaman (Safety Goglees)
6. Ear plug (Pelindung telinga)
Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
Things that was brought together in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).
No comments:
Post a Comment